6 Gejala Utama Kanker Serviks Ini Harus Diwaspadai

Jumat, 14 Agustus 2020 Share to
6 Gejala Utama Kanker Serviks Ini Harus Diwaspadai

Kanker serviks adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyerang kaum wanita. Supaya terhindar dari kanker serviks, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini. Penyakit kanker serviks memang sulit untuk dikenali sejak dini, tetapi kita perlu mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks secara umum supaya bisa segera diatasi sebelum menjadi lebih parah nantinya.

Berikut adalah ciri-ciri kanker serviks yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Pendarahan vagina yang tidak normal

Saat mengalami kanker serviks, gejala umum yang muncul adalah adanya perdarahan yang tidak normal pada vagina. Perdarahan ini bisa terjadi lebih banyak atau lebih sedikit dari menstruasi pada umumnya dan bisa terjadi di antara periode menstruasi, atau pada mereka yang sudah menopause. Pendarahan vagina ini juga bisa terjadi ketika berhubungan seksual.

  1. Mengalami keputihan yang tidak biasa

Lendir pada keputihan akan terjadi perubahan warna, aroma yang kurang sedap, dan adanya perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Keputihan yang tidak biasa ini juga mungkin disebabkan oleh penyakit lain dan karena itulah sebaiknya konsultasikan ke ahli medis untuk memastikan apa penyebab sebenarnya.

  1. Terasa nyeri ketika berhubungan intim

Kanker serviks memasuki stadium lanjut, umumnya akan memunculkan gejala yang lebih beragam dan salah satunya adalah nyeri panggul ketika berhubungan intim. Segera periksakan diri ke dokter kalau memang Anda mengalami nyeri panggul ketika berhubungan intim untuk memastikan penyakit apa yang Anda idap.

  1. Lebih sering buang air kecil

Lebih sering buang air kecil juga bisa jadi ciri-ciri kanker serviks. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, kemudian menyebar sampai ke kandung kemih. Tapi, gejala ini juga bisa muncul karena adanya infeksi saluran kemih (ISK), sehingga perlu ke ahli medis untuk memastikannya.

  1. Mudah merasa lelah

Mudah lelah ini bisa terjadi karena adanya perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), yang membuat tubuh mudah merasa lelah. Rasa lelah ini umumnya akan berlangsung setiap saat tidak hilang walaupun sudah beristirahat cukup.

  1. Pembengkakan di salah satu tungkai

Saat kanker serviks memasuki stadium lanjut, umumnya juga akan menimbulkan berbagai komplikasi, yang salah satunya adalah terjadi pembengkakan pada tungkai. Ini bisa terjadi karena sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga adanya gangguan pada sirkulasi ke tungkai. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya penimbunan cairan yang akan menyebabkan tungkai bengkak.

Semoga bermanfaat dan untuk penjelasan lebih lengkap, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli medis.

Share to