Makan Makanan Pedas Bisa Sembuhkan Sariawan, Benarkah?

Rabu, 5 Agustus 2020 Share to
Makan Makanan Pedas Bisa Sembuhkan Sariawan, Benarkah?

Mungkin ada dari Anda yang pernah mendengar bahwa salah satu cara menyembuhkan sariawan adalah dengan mengonsumsi cabai rawit atau makanan dengan rasa pedas lainnya. 

Benarkah anggapan ini?

Secara ilmiah, hal itu tidak tepat. Dilansir dari laman situs kumparan.com, menurut seorang ahli kesehatan mulut, drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, Ph.D., anggapan mengonsumsi cabai untuk mengobati sariawan adalah mitos. Walau begitu, drg. Rahmi juga mengakui adanya kandungan dalam cabai yang dapat membantu menyembuhkan sariawan. 

Ia menjelaskan, dari hasil penelitian yang pernah ia baca, cabai memang mengandung capsaicin yang mengandung oksidan, dan juga vitamin C. Tapi, meskipun cabai mengandung capsaicin dan vitamin C, drg. Rahmi berpendapat, secara medis tetap saja mengonsumsi cabai untuk pengobatan sariawan tidak tepat. 

Kenapa? Karena  capsaicin akan membakar mulut dan meninggalkan efek rasa pedas.

Lalu, bagaimanakah cara yang tepat agar sariawan bisa sembuh? 

Rahmi mengatakan, sariawan merupakan penyakit yang bersifat bisa sembuh sendiri. Umumnya, sariawan berlangsung selama dua sampai empat minggu. 

Walau bisa sembuh sendiri, drg. Rahmi memberikan beberapa tips untuk membuat sariawan bisa sembuh lebih cepat, yaitu menghindari pemicunya, menjaga nutrisi yang seimbang bagi tubuh dan yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan rongga mulut.

 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to