Tips Hadapi Penyebaran Virus Corona Lewat Udara

Senin, 10 Agustus 2020 Share to
Tips Hadapi Penyebaran Virus Corona Lewat Udara

Belum lama ini, WHO mengakui 'bukti yang muncul' dari penularan virus corona COVID-19 melalui udara (airborne). Airborne adalah istilah penularan patogen melalui aerosol (tetesan pernapasan kecil yang bisa tetap berada di udara). Aerosol ini berbeda dengan tetesan besar yang jatuh ke tanah dalam beberapa meter.

Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, Donald Milton, seorang profesor kesehatan lingkungan di University of Maryland, memberi saran dan tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari penularan virus corona COVID-19 melalui udara (airborne). . 

  1. Sediakan ventilasi pada semua ruangan

Menyediakan ventilasi adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan virus corona COVID-19 melalui udara. Dengan ventilasi yang cukup, pasokan udara bersih dari luar ruangan akan tercukupi.

  1. Tambah filter udara

Menambah ventilasi dengan filter yang akan mengontrol sumber infeksi di udara juga bisa dilakukan. Kita bisa menggunakan air purifier atau filter udara berefisiensi tinggi dan tambahan lampu ultraviolet yang berfungsi membunuh kuman.

  1. Hindari lokasi atau ruangan yang padat

Hindarilah lokasi atau ruangan yang padat agar terhindar dari penularan virus corona COVID-19 melalui udara. 

Selain 3 langkah sederhana di atas, jangan lupa juga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker dan memastikan kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan. Semoga bermanfaat!

 

Share to