Begini Cara Kurangi Resiko Penularan Corona di Ruangan Ber-AC

Jumat, 14 Agustus 2020 Share to
Begini Cara Kurangi Resiko Penularan Corona di Ruangan Ber-AC

Selain melalui cairan liur atau droplet, penyebaran virus corona juga bisa terjadi melalui udara atau airborne. Hal ini pun sudah diakui oleh badan kesehatan dunia, WHO. Nah, salah satu ruang atau tempat yang berpotensi memiliki risiko penularan tinggi adalah ruangan ber-AC.

Lalu, kenapa ruangan ber-AC lebih beresiko?

Karena aliran angin yang kencang bisa memperkecil partikel virus dari yang semula droplet, menjadi virus beterbangan dan bertahan di udara yang ada di ruangan tersebut. Karena inilah ruangan ber-AC lebih beresiko.

Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, Pandu Riono, seorang ahli epidemiologi dan biostatistika Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), mengungkapkan bahwa kondisi bisa menjadi lebih parah saat ruang tertutup ber-AC itu sirkulasi udaranya  buruk.

Sirkulasi udara adalah kuncinya!

Pandu menjelaskan, sirkulasi udara adalah kunci utama untuk mencegah penularan virus corona melalui udara di suatu ruangan. Satu hal terpenting untuk membuat ruangan aman dari virus menurut Pandu adalah selalu memastikan udara segar masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, jika memakai AC, jangan menggunakan sistem yang close, jangan yang sirkulasinya tertutup namun yang sirkulasi keluar. Kemudian usahakan juga AC yang dipakai sudah dilengkapi dengan filter virus, HEPA filter. Menurutnya, saat ini sudah banyak produk AC yang dilengkapi fitur ini, khususnya setelah wabah flu burung (avian influenza).

Hal senada diutarakan oleh Amin Soebandrio, Kepala Lembaga Biologi Molekuler. Masih dilansir dari laman situs CNN Indonesia, Amin juga menyarankan untuk memastikan sirkulasi di dalam ruangan itu berjalan dengan baik dan menambahkan filter udara agar resiko penularan virus corona melalui udara bisa ditekan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar resiko terinfeksi virus corona bisa diminimalisir.

Share to