Tips Membuat Gorengan yang Sehat dan Aman

Senin, 29 Juni 2020 Share to
Tips Membuat Gorengan yang Sehat dan Aman

Banyak orang mungkin sudah tahu berbagai risiko kesehatan yang bisa muncul kalau terlalu sering mengkonsumsi gorengan. Tapi, karena berbagai alasan, seperti rasanya yang enak dan harganya yang murah, beberapa orang akhirnya sulit untuk tidak mengkonsumsi kuliner tersebut. Jika Anda adalah salah satunya, ada baiknya jika kita membuatnya sendiri gorengan di rumah dengan memperhatikan tips membuat gorengan yang sehat dan aman berikut ini.

 

  1. Perhatikan suhu untuk menggoreng

Pakai suhu yang tepat ketika membuat gorengan. Ini penting untuk bisa menurunkan senyawa berbahaya dari gorengan tersebut. Suhu minyak yang baik untuk menggoreng tidak boleh lebih dari 180 derajat celcius.

  1. Pakai minyak sayur

Pakailah minyak sayur, seperti minyak kelapa atau minyak kelapa sawit, karena minyak jenis ini mengandung lebih sedikit lemak jenuh.

  1. Pilih bahan makanan yang digoreng

Usahakan untuk tidak memilih bahan makanan yang banyak menyerap minyak, seperti jamur. Usahakan juga untuk selalu menggunakan minyak sesuai keperluan supaya tidak banyak tersisa pada makanan.

  1. Tiriskan sebelum dikonsumsi

Goreng bahan makanan sesuai dengan kebutuhan. Setelah digoreng, makanan tersebut sebaiknya ditiriskan lebih dulu sebelum disajikan. Pakailah tisu khusus yang mampu minyak pada makanan untuk hasil yang maksimal. Jangan juga membiarkan gorengan berada di udara terbuka lebih dari 2 jam karena minyak bisa terserap seluruhnya ke dalam makanan yang digoreng.

 

Itulah tips membuat gorengan yang sehat dan aman. Semoga bermanfaat!

Share to