Air Dingin Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak, Benarkah?

Rabu, 24 Juni 2020 Share to
Air Dingin Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak, Benarkah?

Selain terasa sangat segar saat diminum setelah berolahraga, mungkin Anda pernah mendengar bahwa air dingin lebih efektif untuk membakar kalori. Benarkah demikian? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari laman situs hellosehat.com, American College of Sports Medicine and the International Society of Sports Nutrition, memang menyarankan konsumsi air dingin setelah berolahraga. Minum air dingin bisa membantu mengurangi kenaikan suhu tubuh yang bisa menghambat tingkat ketahanan tubuh ketika kita berolahraga.

Masih dilansir dari laman situs hellosehat.com, sebuah studi yang diadakan di Jerman pada tahun 2003 juga ikut melakukan pengamatan efek air dingin pada tubuh. Dari hasil yang ditarik dari 14 orang responden, ditemukan bahwa mengkonsumsi air dingin sebanyak 500 ml bisa meningkatkan pembakaran kalori sampai 30 persen selama lebih dari 1 jam.

Hal ini mungkin disebabkan oleh reaksi tubuh pada efek termogenik yang bekerja lebih keras untuk menghangatkan air sehingga akan berdampak pada terbakarnya lebih banyaj kalori saat mengkonsumsi air dingin.

Selain itu, kekhawatiran air dingin bisa menghambat sistem pencernaan juga tidak terbukti. Air dingin yang masuk ke tubuh akan mengalami penyesuaian dengan suhu tubuh sehingga akan menjadi lebih hangat setelah 5 menit meminumnya. Selain itu, kalau diminum usai olahraga, air dingin bisa menghentikan keringat yang hilang dan mencegah dehidrasi.

 

Share to